February 20, 2024
Tanaman Hias yang Bisa Menggundang Serangga

Tanaman Hias yang Bisa Menggundang Serangga

Tanaman hias tidak hanya berfungsi untuk mempercantik rumah, tetapi juga bisa bermanfaat untuk menggundang serangga yang berguna bagi lingkungan.

Serangga seperti lebah, kupu-kupu, dan semut bisa membantu penyerbukan, pengendalian hama, dan dekomposisi. Namun, tidak semua tanaman hias bisa menarik perhatian serangga.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki aroma, warna, atau bentuk yang disukai oleh serangga tertentu. Berikut ini adalah beberapa tanaman hias yang bisa menggundang serangga di rumah Anda.

Lavender

Lavender adalah salah satu jenis tanaman hias yang paling dikenal dan baunya tidak disukai oleh nyamuk. Namun, lavender justru sangat disukai oleh lebah dan kupu-kupu karena warna ungu dan aroma harumnya. Lavender juga mudah dirawat dan tahan lama. Anda bisa menanam lavender di pot atau di taman sebagai tanaman border.

Basil

Basil atau kemangi adalah tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Basil memiliki aroma yang kuat yang tidak disukai oleh lalat dan kecoa. Namun, basil justru bisa menggundang serangga seperti lebah dan kupu-kupu karena kandungan minyak atsirinya3. Basil juga bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan asalkan mendapat cukup cahaya matahari dan air.

Kucai

Kucai atau chives adalah tanaman sayuran yang memiliki rasa bawang. Kucai memiliki bunga berwarna ungu atau putih yang menarik perhatian lebah dan kupu-kupu. Kucai juga bisa mengusir kutu daun dan nematoda yang merusak tanaman lainnya. Kucai bisa ditanam di pot atau di taman sebagai tanaman pendamping.