February 21, 2024
Tanaman yang Membuat Udara Menjadi Lebih Segar

Tanaman yang Membuat Udara Menjadi Lebih Segar

Tanaman hias tidak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan, tetapi juga dapat membantu membersihkan udara dari polusi dan racun. Beberapa tanaman hias memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, tanaman hias juga dapat menambah kelembaban udara dan mengurangi debu di dalam ruangan. Berikut adalah beberapa tanaman yang dapat membuat udara menjadi lebih segar dan sehat.

1. Sansiviera atau Lidah Mertua

Sansiviera atau lidah mertua adalah tanaman pembersih udara yang sudah dikenal sejak dulu. Tanaman ini masuk ke dalam jenis kaktus hias yang tidak berbahaya, karena duri hanya terdapat pada bagian ujung daun saja. Sansiviera dapat hidup di dalam ruangan dengan cahaya yang sedikit dan tidak membutuhkan banyak air. Tanaman ini dapat menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding dan furnitur.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga termasuk tanaman pembersih udara yang mampu menyerap zat kimia berbahaya seperti benzena dan formaldehida. Lidah buaya dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan dengan cahaya matahari yang cukup. Tanaman ini juga mudah dirawat, cukup disiram dua kali seminggu.

3. Bunga Gerbera

Bunga gerbera adalah tanaman hias yang memiliki warna-warna cerah dan indah. Bunga ini tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas udara dengan menghasilkan oksigen di malam hari. Bunga gerbera juga dapat menyerap zat-zat beracun seperti benzena dan trikloroetilena yang berasal dari deterjen dan pelarut. Bunga gerbera membutuhkan cahaya matahari yang cukup dan tanah yang lembab.

4. Bunga Krisan

Bunga krisan adalah tanaman hias yang populer karena memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Bunga ini juga merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif daripada tanaman lainnya. Bunga krisan dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti amonia, benzena, formaldehida, dan xylene. Bunga krisan membutuhkan cahaya matahari yang banyak dan penyiraman yang rutin.

5. Bunga Peace Lily

Bunga peace lily adalah tanaman hias yang memiliki bunga putih elegan dan daun hijau lebar. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan dengan cahaya yang sedikit dan kelembaban yang tinggi. Bunga peace lily dapat menghilangkan zat-zat beracun seperti aseton, alkohol, trikloroetilena, benzena, dan formaldehida. Tanaman ini juga dapat meningkatkan kelembaban udara dan mengurangi debu. Bunga peace lily membutuhkan penyiraman yang cukup dan pemupukan yang sesekali.

6. Sri Rejeki

Sri rejeki adalah tanaman hias yang memiliki daun berwarna hijau keemasan yang menarik. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan dan kesejahteraan. Sri rejeki dapat membersihkan udara dari zat-zat beracun seperti formaldehida, xylene, dan toluene. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan dengan cahaya yang sedikit dan tidak membutuhkan banyak air. Sri rejeki membutuhkan tanah yang subur dan pemupukan yang teratur.

7. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman hias yang memiliki daun berbentuk hati dan bunga berwarna kuning. Tanaman ini dapat merambat di dinding atau gantungan. Sirih gading dapat menyerap zat-zat berbahaya seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida. Tanaman ini juga dapat meningkatkan kelembaban udara dan mengurangi debu. Sirih gading membutuhkan cahaya matahari yang cukup dan penyiraman yang rutin.

Beberapa tanaman hias memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tanaman hias juga dapat menambah kelembaban udara dan mengurangi debu di dalam ruangan. Beberapa tanaman yang dapat membuat udara menjadi lebih segar dan sehat adalah sansiviera, lidah buaya, bunga gerbera, bunga krisan, bunga peace lily, sri rejeki, dan sirih gading. Tanaman-tanaman ini mudah dirawat dan dapat tumbuh di dalam ruangan dengan cahaya yang sedikit.