February 21, 2024
Mengenal Bunga Janda Bolong, Tanaman Hias Eksotis Yang Sedang Populer

Mengenal Bunga Janda Bolong, Tanaman Hias Eksotis Yang Sedang Populer

Bunga janda bolong atau Monstera adansonii adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang diminati banyak orang. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan lubang-lubang berbentuk oval yang tidak beraturan. Lubang-lubang ini terbentuk karena adanya mutasi gen pada tanaman, sehingga monstera tumbuh secara abnormal.

Bunga janda bolong berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang dapat tumbuh tinggi dengan daun semakin besar jika ditopang pada tiang. Tanaman ini juga cocok dijadikan tanaman teralis atau tanaman gantung.

Keistimewaan Bunga Janda Bolong

Bunga janda bolong memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi tanaman hias favorit, di antaranya adalah:

  • Daunnya yang unik dan cantik, dengan warna hijau pekat dan lubang-lubang yang menarik perhatian. Daunnya juga mengilap dan bertekstur lembut.
  • Tanamannya yang mudah dirawat, tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan hanya perlu disiram ketika tanahnya kering. Tanaman ini juga tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Tanamannya yang dapat membersihkan udara, dengan menyerap polutan dan menghasilkan oksigen. Tanaman ini juga dapat meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya.
  • Tanamannya yang dapat menghasilkan buah, dengan nama monstera deliciosa. Buahnya berbentuk kerucut dengan rasa manis dan harum seperti nanas. Namun, buahnya hanya dapat tumbuh jika tanaman berbunga, dan bunganya jarang muncul di dalam ruangan.

Cara Merawat Bunga Janda Bolong

Agar bunga janda bolong tetap sehat dan indah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawatnya, yaitu:

  1. Pilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman, dengan lubang drainase yang baik agar air tidak menggenang di dasar pot. Isi pot dengan media tanam yang gembur dan subur, seperti campuran tanah, pasir, dan kompos.
  2. Letakkan pot di tempat yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung, seperti dekat jendela atau di bawah kanopi. Hindari tempat yang terlalu gelap atau terlalu panas. Suhu ideal untuk tanaman ini adalah antara 18-27 derajat Celcius.
  3. Siram tanaman secara rutin ketika tanahnya kering, sekitar dua kali seminggu. Jangan terlalu basah atau terlalu kering. Semprotkan uap air pada daun-daunnya untuk menjaga kelembabannya.
  4. Beri pupuk organik cair setiap dua minggu sekali saat musim semi dan musim panas, untuk merangsang pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Kurangi frekuensi pemupukan saat musim gugur dan musim dingin.
  5. Bersihkan daun-daunnya dari debu dengan kain lembab atau lap basah secara berkala. Potong daun-daun yang layu atau rusak
  6. Potong daun-daun yang layu atau rusak dengan gunting bersih dan tajam. Jika tanaman terlalu besar, Anda dapat memangkasnya untuk membentuknya. Anda juga dapat memperbanyak tanaman dengan cara stek batang yang memiliki akar udara.

Tips Memilih Bunga Janda Bolong

Jika Anda ingin membeli bunga janda bolong, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti, yaitu:

  • Pilih tanaman yang sehat dan segar, dengan daun-daun yang hijau dan mengilap, tanpa bercak kuning atau coklat. Periksa juga akar-akarnya, pastikan tidak busuk atau kering.
  • Pilih tanaman yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Ada berbagai jenis dan varietas bunga janda bolong, dengan harga dan bentuk yang berbeda-beda. Beberapa jenis yang populer adalah monstera adansonii, monstera borsigiana, monstera deliciosa variegata, dan monstera karstenianum.
  • Pilih tanaman yang cocok dengan ruang dan kondisi tempat Anda. Sesuaikan ukuran dan bentuk tanaman dengan luas dan tinggi ruangan. Pastikan juga tempat tersebut memiliki cukup cahaya dan sirkulasi udara yang baik untuk tanaman.