February 21, 2024
Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mata

Bunga kitolod adalah salah satu tanaman yang tumbuh liar di tempat-tempat lembab seperti parit, bantaran sungai, persawahan atau di sekitar danau. Tanaman ini memiliki bunga berbentuk bintang berwarna putih yang sering dijadikan tanaman hias. Namun, tahukah Anda bahwa bunga kitolod juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata?

Bunga kitolod memiliki kandungan antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri yang cukup tinggi untuk mengatasi gangguan kesehatan mata. Ekstrak bunga kitolod mengandung senyawa seperti flavonoid, saponin, feifenol, alkaloid dan tanin. Khasiat tanaman bunga kitolod untuk mata antara lain:

1. Membersihkan mata dari bakteri

Bakteri yang menempel di mata bisa ada karena adanya infeksi dari lingkungan atau lainnya, yang mana bisa menyebabkan penyakit mata. Jika dibiarkan saja infeksi bakteri pada mata ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Salah satu cara untuk membersihkan mata dari bakteri adalah dengan menggunakan tetes mata dari bunga kitolod.

Cara membuat tetes mata dari bunga kitolod cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil 3 tangkai bunga daun kitolod yang masih segar. Bilas dengan air bersih, sebaiknya dengan air yang sudah direbus. Siapkan 5 sendok makan air dalam mangkuk, lalu tekan-tekan tulang bunganya sampai keluar cairannya. Diamkan sekitar 5-10 menit untuk menyiapkan penetes cair untuk meneteskan kitolod.

2. Mencegah bertambahnya minus

Minus atau miopia adalah kondisi mata di mana seseorang sulit melihat objek yang jauh. Hal ini disebabkan oleh kelengkungan lensa mata yang terlalu besar sehingga cahaya tidak dapat difokuskan dengan baik di retina. Minus bisa disebabkan oleh faktor genetik, kebiasaan membaca atau menatap layar terlalu dekat dan terlalu lama, atau kurangnya asupan vitamin A.

Bunga kitolod dapat membantu mencegah bertambahnya minus dengan cara merangsang pertumbuhan sel-sel baru di retina dan meningkatkan aliran darah ke mata. Selain itu, bunga kitolod juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot mata yang sering menyebabkan sakit kepala dan lelah. Cara menggunakan bunga kitolod untuk mencegah minus adalah dengan meneteskan cairan bunganya ke mata setiap hari.

3. Membantu penyembuhan katarak

Katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh sehingga penglihatan menjadi buram dan kabur. Katarak biasanya terjadi pada orang tua karena proses penuaan, tetapi juga bisa disebabkan oleh penyakit diabetes, hipertensi, trauma, atau paparan sinar UV berlebihan. Katarak dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Bunga kitolod dapat membantu penyembuhan katarak dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di lensa mata dan melindungi mata dari radikal bebas yang merusak. Selain itu, bunga kitolod juga dapat meningkatkan fungsi imun tubuh dan mempercepat regenerasi jaringan mata yang rusak. Cara menggunakan bunga kitolod untuk membantu penyembuhan katarak adalah dengan mengambil selembar daun kitolod segar, menghaluskannya dan memerasnya untuk mengeluarkan airnya. Kemudian, campurkan sari daun kitolod dengan 5 sendok makan air bersih dan oleskan ke mata yang mengalami katarak.

4. Meredakan nyeri pada mata

Nyeri pada mata bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti iritasi, infeksi, alergi, lelah, atau cedera. Nyeri pada mata bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi. Untuk meredakan nyeri pada mata, Anda bisa mencoba menggunakan bunga kitolod sebagai obat alami.

Bunga kitolod memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri yang dapat mengurangi rasa sakit di mata. Selain itu, bunga kitolod juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di mata. Cara menggunakan bunga kitolod untuk meredakan nyeri pada mata adalah dengan menempelkan daun atau bunga kitolod yang sudah dicuci bersih ke mata yang sakit selama 10-15 menit.

5. Membantu mengatasi mata silindris

Silindris atau astigmatisme adalah kondisi mata di mana kornea atau lensa mata tidak berbentuk bulat sempurna sehingga cahaya tidak dapat difokuskan dengan baik di retina. Hal ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau berbayang baik untuk objek dekat maupun jauh. Silindris bisa disebabkan oleh faktor genetik, kebiasaan menekan mata, atau cedera.

Bunga kitolod dapat membantu mengatasi mata silindris dengan cara memperbaiki kelengkungan kornea atau lensa mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan. Selain itu, bunga kitolod juga dapat membantu mencegah komplikasi seperti glaukoma atau tekanan tinggi di dalam mata yang dapat merusak saraf optik. Cara menggunakan bunga kitolod untuk membantu mengatasi mata silindris adalah dengan meneteskan cairan bunganya ke mata setiap hari.

Namun, sebelum menggunakan bunga kitolod sebagai obat herbal untuk mata, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata untuk mengetahui kondisi mata Anda dan dosis yang tepat. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda tidak alergi terhadap bunga kitolod dan selalu menjaga kebersihan bunga kitolod sebelum digunakan.