February 21, 2024
Jenis Tanah yang Subur untuk Tanaman Hias

Jenis Tanah yang Subur untuk Tanaman Hias

Tanaman hias adalah salah satu elemen dekorasi rumah yang banyak dipilih oleh pemilik rumah maupun apartemen. Tanaman hias mampu mempercantik ruangan maupun halaman rumah dengan warna dan bentuknya yang menarik. Namun, agar tanaman hias dapat tumbuh dengan baik dan subur, kita perlu memperhatikan media tanam yang digunakan.

Media tanam adalah sumber unsur hara atau nutrisi yang dibutuhkan setiap tanaman, termasuk tanaman hias. Media tanam yang subur haruslah gembur, porous (tidak mengendap air terlalu lama), memiliki rongga udara, tidak masam, steril, dan bisa mengikat air. Hal yang tak kalah penting adalah media tanam juga harus mengandung nutrisi atau unsur hara yang cukup untuk tanaman hias.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanah yang subur untuk tanaman hias:

1. Tanah Geluh

Tanah geluh adalah jenis tanah yang memiliki kandungan yang terdiri dari pasir, debu, tanah liat dan humus dalam komposisi yang seimbang. Tanah geluh memiliki tekstur yang gembur dan porous sehingga memudahkan akar tanaman menyerap air dan nutrisi. Tanah geluh juga memiliki pH yang netral atau sedikit asam sehingga cocok untuk berbagai jenis tanaman hias.

Tanaman hias yang cocok ditanam di tanah geluh antara lain: aglaonema, calathea, dieffenbachia, dracaena, monstera, philodendron, sansevieria, syngonium, dan zamioculcas.

2. Tanah Berpasir

Tanah berpasir adalah jenis tanah yang berasal dari batuan yang terkikis yang memiliki bobot ringan, hangat, kering dan cenderung memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tanah berpasir memiliki porositas yang tinggi sehingga memungkinkan udara dan air mengalir dengan baik. Namun, karena sifatnya yang kering dan cepat kehilangan air, tanah berpasir perlu dicampur dengan bahan organik seperti kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburannya.

Tanaman hias yang cocok ditanam di tanah berpasir antara lain: adenium, aloe vera, cactus, euphorbia, kalanchoe, lithops, portulaca, sedum, dan sukulen lainnya.

3. Tanah Liat

Tanah liat adalah jenis tanah yang memiliki partikel halus dan padat sehingga sulit dilewati oleh udara dan air. Tanah liat memiliki kemampuan mengikat air dan nutrisi yang tinggi sehingga dapat menyediakan unsur hara bagi tanaman. Namun, karena sifatnya yang padat dan lengket, tanah liat perlu dicampur dengan bahan kasar seperti pasir atau sekam padi untuk meningkatkan drainase dan aerasinya.

Tanaman hias yang cocok ditanam di tanah liat antara lain: bunga amaryllis, bunga bakung, bunga gladiolus, bunga lili paris, bunga tulip, iris, jahe hias, lily of the valley, dan narcis.